BEST PRICE , BEST DEAL CASH DAN KREDIT Angsuran bisa request sesuai keinginan Hub : 0877-5252-8686 / 082.333.722.722 Promo dp mulai 20% Bunga 0% Tenor sampai 8th
Menu
Model
Beranda » otomotif » Jangan gunakan lampu hazard saat hujan

Jangan gunakan lampu hazard saat hujan

Dipublish pada 15 Maret 2021 | Dilihat sebanyak 145 kali | Kategori: otomotif

Meski sudah sering dijelaskan dan dingatkan akan bahayanya, masih saja ada sebagian pengemudi mobil yang kerap menyalakan lampu hazard atau lampu darurat ketika berkendara di tengah hujan deras.

Alih-alih alasannya sih untuk memberi tanda keberadaan mobilnya dan alarm pada pengemudi lain supaya hati-hati.

Padahal penggunaan lampu hazard hanya khusus dipakai saat mobil berhenti dan dalam kondisi darurat.

Perlu diketahui, lampu hazard merupakan alarm atau peringatan kepada pengguna jalan lain agar berhati-hati, karena mobil bersangkutan terkena masalah sehingga wajib berhenti.

Penggunaan lampu hazard diatur oleh UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 121 Ayat 1.

Dimana aturannya menyatakan: Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di Jalan.

Yang dimaksud dengan “isyarat lain” adalah lampu darurat, dimana pada mobil difasilitasi oleh lampu belok kiri-kanan yang berkedip bersamaan.

Sementara yang dimaksud dengan “keadaan darurat” adalah kendaraan dalam keadaan mogok, kecelakaan lalu lintas, atau mengganti ban.

Lampu Hazard di gunakan bukan untuk pada peruntukannya, banyak pengemudi salah kaprah bahkan sudah menjadi kebiasaan salah memfungsikan lampu hazard, berikut beberapa contoh salah kaprah menggunakan lampu hazard :

1. Menyalakan Lampu Hazard Ketika Hujan
Ketika Hujan turuh menggunakan lampu Hazard hanya akan membingungkan pengendara di belakangnya, ini karena ketika lampu hazard di nyalakan keberadaan lampu sein tidak lagi berfungsi. Ketika Hujan cukup berhati hatilah baca Tips berkendara ketika hujan.

2. Ketika Akan Lurus di Persimpangan.
Ini sangat tidak masuk akal menurut saya, tanpa menyalakan lampu hazard pun pengemudi lain sudah tau jika tanpa menyalakan lampu sein berarti akan lurus, artinya menyalakn lampu hazard hanya sia-sia saja.

3. Ketika Di Terowongan/Lorong Gelap
Ketika di lorong gelap menyalakan lampu hazard hanya akan membingungkan pengemudi di belakang. Tindakan yang tepat ketika di lorong/terowongan gelap adalah dengan menyalakan lampu utama atau lampu senja saja. karena lampu merah belakang tentu sudah menyala sebagai tanda ada kendaraan di depannya.

4. Ketika Saat jalanan Berkabut
Lebih tepat adalah memfungsikan lampu kabut (fogLamp) atau lampu utama saja.

Sekarang sudah mengerti kan fungsi utama Lampu Hazard? teruslah fokus dalam berkendara, selalu patuhi rambu-rambu lalulintas. Saling menghormati sesama pemakai jalan demi keselamatan bersama.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Kabin Mobil Berbau Tak Sedap? Ini Solusinya

Dipublish pada 6 Februari 2021 | Dilihat sebanyak 92 kali | Kategori: otomotif

Mengendarai mobil dengan kabin yang berbau tidak sedap tentu sangat mengganggu kenyamanan Anda di perjalanan. Bau pada kabin dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya yakni adanya sampah yang terselip atau bagian yang terkena cairan dari makanan atau minuman. Bagaimana caranya... selengkapnya

Honda N7X Sudah Bisa Dipesan, Launching September, Ada 4 Tipe, Harga Mulai Rp260 Juta

Dipublish pada 27 Agustus 2021 | Dilihat sebanyak 108 kali | Kategori: otomotif

Konsumen yang sudah tidak sabar untuk memiliki Honda New 7 Seater eXcitement (N7X), sekarang sudah bisa melakukan pemesanan. Harganya mulai Rp260 juta. Honda N7X diposisikan sebagai pengganti Honda BR-V di kelas low SUV. Di segmen yang peminatnya semakin tinggi ini... selengkapnya

Agar Aman, Begini Cara Belajar Menyetir Mobil Bertransmisi Manual untuk Pemula!

Dipublish pada 15 Februari 2021 | Dilihat sebanyak 110 kali | Kategori: otomotif

Saat pertama kali belajar mengendarai mobil, kendaraan transmisi manual biasanya menjadi salah satu pilihan. Menguasai cara berkendara mobil bertransmisi manual memang sedikit lebih sulit, namun biasanya, pengendara yang sudah terbiasa membawa mobil manual akan lebih mudah beradaptasi saat akan membawa... selengkapnya